JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X SMK NEGERI 1 BALAESANG DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN |
Nama: NINA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nina. 2021. Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas X SMK Negeri 1 Balaesang Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa, Pembimbing (II) Maxinus Jaeng. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam pemecahan masalah barisan dan deret aritmatika di kelas X SMK Negeri 1 Balaesang berdasarkan pada tahapan berpikir kritis menurut Jacob & Sam. Subjek penelitian ini adalah 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas X TKJ A yang memiliki nilai matematika setara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek perempuan (MJ) lebih kritis dalam pemecahan masalah matematika, karena subjek perempuan (MJ) dalam pemecahan masalah memenuhi tiga tahapan berpikir kritis, yaitu klarifikasi (clarification), penilaian (assessment) dan kesimpulan (Inference), untuk strategi (strategies) tidak terpenuhi. Dan subjek laki-laki (AR) hanya memenuhi dua tahapan berpikir kritis yaitu klarifikasi (clarification) dan kesimpulan (Inference), untuk penilaian (assessment) serta strategi (strategies) tidak terpenuhi . Kata kunci: profil, berpikir kritis, memecahkan masalah matematika, jenis kelamIN |