Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT DI KELAS IV SD NEGERI 23 PALU
Nama: HASRIYANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian implementasi pendekatan pembelajaran berorientasi TPACK pada materi pengukuran sudut di kelas IV SD Negeri 23 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah dua orang guru di kelas IV SD Negeri 23 Palu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan metode Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran berorientasi TPACK pada materi pengukuran sudut di sekolah ini meliputi perencanaan long-term (silabus) pada sumber dan media belajar dan short-term (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pada kegiatan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajarannya, meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Selanjutnya, posisi TPACK pada pelaksanaan pembelajaran terletak pada kegiatan pembelajaran berorientasi TPACK yang disesuaikan dengan sintaks dan komponennya masing-masing. Hasil pelaksanaan dengan pendekatan ini menunjukkan bahwa guru di kelas IV SD Negeri 23 Palu menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran berorientasi TPACK, di antaranya yaitu pendekatan CTL diperoleh hasil presentase 84,55% (baik), dan pendekatan konvensional diperoleh hasil presentase 69,48% (cukup). 3) Kemudian, penilaian pembelajaran berorientasi TPACK pada materi pengukuran sudut di sekolah, meliputi tujuan penilaian, prosedur penilaian, teknik penilaian, instrumen penilaian, pedoman penilaian, dan laporan penilaian. Selanjutnya, posisi TPACK pada penilaian pembelajaran terletak pada proses mengumpulkan bukti belajar (pengujian) (Pedagogi), menginterpretasikan skor (penskoran) (Content), memberikan nilai (penilaian) sekaligus memberikan laporan penilaian (pelaporan) (Teknologi). Kata kunci : Pendekatan pembelajarn, TPACK, pengukuran sudut.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up