Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN LESSON STUDYDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI WILAYAH 3 GUGUS XI PALU SELATAN
Nama: RENAWATI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Renawati, 2020. “Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Matematika di Wilayah 3 Gugus XI Palu Selatan”. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika Program Magister, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Mustamin Idris, Anggota Tim Pembimbing Maxinus Jaeng. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kolaboratif dalam mengevaluasi cara mengajar masing-masing guru sebab selama ini dalam KKG, guru membahas mengenai pendekatan pembelajaran, prosedur merancang RPP, pembuatan soal-soal ujian, namun belum pernah mengadakan kerjasama mengobservasi kegiatan pembelajaran di kelas, kemudian berdiskudi melaporkan hasil pembelajaran tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Lesson Study dalam pembelajaran matematika pada guru dan siswa di wilayah 3 Gugus XI Palu Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika yang tergabung dalam wilayah 3 gugus XI Palu Selatan dan siswa kelas IV SD Inpres Palupi. Responden untuk diwawancarai dalam penelitian berjumlah tiga orang dari sekolah yang berbeda. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar siswa setiap pertemuan, dan lembarwawancara. Data yang diperoleh dideskripsikan dalam hasil penelitian berupa hasil observasi kegiatan siswa dalam proses pembelajaran, hasil observasi guru selama pelaksanaan lesson study, dan hasil wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh, semua item pengamatan dari lembar observasi pelaksanaan lesson study dapat terlaksana.Lesson Studyefektif diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil wawancara menjelaskan bahwa penerapan lesson study dalam pembelajaran matematika dapat dipahami oleh sebagian besar guru yang tergabung dalamwilayah 3 Gugus XI Palu Selatan.Selain itu, hasil yang diperoleh pada kegiatan plan adalah RPP, media yang digunakan dalam pembelajaran, modul pembelajaran, dan lembar observasi.Pada kegiatan do, terdapat tiga kegiatan penting yaitu kegiatan guru melaksanakan pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran, pengamat mengamati pembelajaran, dan siswa dalam pembelajaran. Pada kegiatan see, guru model mengawali diskusi dengan menyampaikan kesan, pengalaman, pendapatnya mengenai pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan, selanjutnya kesempatan untuk para observer menjelaskan aktivitas peserta didik yang diamatinya kemudian memberikan masukan-masukan kepada guru model berupa solusi, kritik dan saran. Kelebihan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah motivasi guru dalam mengikuti kegiatanlesson study dirasakan sangat tinggi, parisipasi guru dalam setiap kesempatan diskusi menunjukkan mereka sungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan, menambah wawasan guru tentang pentingnya kolaborasi dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di kelas, serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Lesson Study, Pembelajaran Matematika, Operasi Hitung Campuran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up