Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEYELESAIKAN SOAL ULANGAN HARIAN MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERDASARKAN KRITERIA WATSON
Nama: RANGGOANI TADOPA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal ulangan harian materi segiempat dan segitiga berdasarkan kriteria Watson. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas IX SMP Negeri 12 Palu. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kesalahan yang paling banyak/beragam dilakukan oleh siswa pada ulangan harian yang dilaksanakan dikelas VII tahun 2019 untuk materi segiempat dan segitiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data hasil wawancara, menyajikan data hasil ulangan dan hasil wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate data/ip), data tidak disebutkan (ommited data/od), kesimpulan tidak disebutkan (omitted conclusion/oc), dan masalah hirarki keterampilan (skill hierarchy problem/shp). Indikator kesalahan data tidak tepat yang dilakukan siswa adalah salah rumus dan tidak menggunakan data yang seharusnya dipakai. Iindikator kesalahan prosedur tidak tepat adalah menggunakan cara yang tidak tepat dalam menyelesaikan soal dan tidak menuliskan langkah-langkah yang sesuai dengan permasalahan. indikator kesalahan data tidak disebutkan yaitu kurang lengkap dalam memasukkan data, indikator kesimpulan tidak disebutkan adalah tidak menggunakan data yang sudah diperoleh untuk membuat kesimpulan, dan indikator kesalahan masalah hirarki keterampilan adalah melakukan kesalahan dalam menuangkan ide aljabar dan salah dalam menghitung. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kriterian Watson, Segiempat Dan Segitiga

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up