JudulPROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED PADA SISWA SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: MARDIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open-ended berdasarkan tahapan Wallas. Dua subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 15 Palu yang memiliki kemampuan matematika tinggi dan sedang. Hasil penelitian ini meliputi: proses berpikir kreatif subjek kemampuan matematika tinggi pada tahap persiapan adalah mengidentifikasi informasi dalam masalah tersebut dengan menuliskan dan mengungkapkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari masalah yang diberikan, pada tahap inkubasi subjek mendapatkan ide penyelesaian dengan mengingat kembali materi yang pernah dipelajari, subjek memikirkan adanya kemungkinan jawaban dan cara lain dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, pada tahap iluminasi subjek melaksanakan ide yang muncul pada tahap sebelumnya, setelah menemukan beberapa solusi yang mungkin dari masalah tersebut, subjek menemukan ide penyelesaian yang lain dari ide penyelesaian sebelumnya, pada tahap verifikasi subjek memeriksa kembali jawaban yang telah ditulis pada lembar jawaban dengan satu cara dan selanjutnya mengemukakan cara lain untuk memeriksa jawaban dengan cara yang lebih sederhana. Proses berpikir kreatif subjek dengan kemampuan matematika sedang pada tahap persiapan adalah mengidentifikasi informasi dengan menuliskan dan mengungkapkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dari masalah yang diberikan, pada tahap inkubasi subjek mendapatkan ide penyelesaian dengan mengingat kembali materi yang pernah dipelajari, pada tahap iluminasi subjek melaksanakan ide yang muncul pada tahap sebelumnya, dan menemukan beberapa solusi yang mungkin dari masalah tersebut. Pada tahap verifikasi subjek memeriksa kembali jawaban yang telah ditulis pada lembar jawaban dengan satu cara yang sederhana. Kata kunci : proses berpikir kreatif, tahapan Wallas, open-ended, kemampuan matematika |