Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 KAMONJI
Nama: MARINI
Tahun: 2023
Abstrak
Marini. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Menghitung Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Program Studi Pendidikan Magister Matematika, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Dasa Ismaimuza (pembimbing 1) dan Nurhayadi (pembimbing 2) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi menghitung luas bangun datar siswa kelas IV di SD Inpres 2 Kamonji melalui model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji Kecamatan Palu Barat Kota Palu, dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal Luas Bangun Datar, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 71 dan secara klasikal 80% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa, yaitu pada siklus I aktivitas siswa adalah 53,1?n mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 76,9%. Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 73.3 dengan ketuntasan belajar 53,8%. Hal ini juga dapat dilihat pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori rendah dan siklus II berkategori tinggi sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81,1 dengan ketuntasan belajar 88,2%. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamonji. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Matematika, Aktivitas, hasil belajar. ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up