JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS |
Nama: SAMSU ALAM |
Tahun: 2023 |
Abstrak Samsu Alam. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas. Program Studi Pendidikan Magister Matematika, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Sukayasa (Pembimbing I) dan Nurhayadi (Pembimbing 2) . Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas melalui model pembelajaran based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Palu Barat Kota Palu, dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal Volume Bangun Ruang, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan secara klasikal 80% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa, yaitu pada siklus I aktivitas siswa mencapai nilai 48 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 59. Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,05 dengan ketuntasan belajar 45%. Hal ini juga dapat dilihat pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori baik dan siklus II berkategori sangat baik, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81, 3 dengan ketuntasan belajar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Matematika, Aktivitas, hasil belajar. |