Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI DUYU
Nama: LILY YUNITA KUSUMANINGRUM
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Lily Yunita Kusumaningrum (2020), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Pecahan Di Kelas V SD Negeri Duyu. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dasa Ismaimuza (II) Nurhayadi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek tindakan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi. Bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penjumlahan pecahan yang berpenyebut tidak sama di kelas V SDN Duyu? Penelitian dilaksanakan di SDN Duyu, melibatkan 19 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 51,58?n daya serap klasikal 52,63%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 77,89?n daya serap klasikal 89,47%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar klasikal minimal 75?n daya serap klasikal minimal 60%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi tentang penjumlahan pecahan di SDN Duyu. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Akivitas Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Penjumlahan Pecahan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up