Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN KELAS IV DI SDN 3 PALU
Nama: NUR ENDAH DWI MULYANI
Tahun: 2023
Abstrak
Nur Endah Dwi Mulyani (A 232 18 025). Analisis Kesalahan Siswa Menggunakan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Kelas IV di SDN 3 Palu (Dibimbing oleh Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si dan Dr. Sukayasa, M.Pd,). Matematika merupakan satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Semenjak dijenjang sekolah dasar siswa telah diperkenalkan dengan fakta dan keterampilan dasar matematika, namun sampai saat ini masih banyak siswa yang merasa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, dan tidak menyenangkan dalam kasus soal cerita tentang operasi pecahan siswa melakukan kesalahan karena mereka tidak tahu bagaimana melakukan operasi hitung pecahan, mereka cenderung menghafal sehingga masi banyak terdapat kesalahan-kesalanan, dalam kasus ini peneliti menggunakan prosedur analisis menurut Newman (1977) dan Analisa data menurut Miles dan Huberman (1984). Desain penelitian yang dilakukan di mulai dari analisis rendahnya nilai ulangan siswa kelas IV pada materi pecahan, penyusunan dan justifikasi instrumen soal, identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan dengan menggunakan metode Newman, identifikasi faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan, pengolahan data hasil penelitian, meminimalisasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan dan memperkuat peran guru dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Palu dengan informan 2 orang siswa yaitu 1 siswa berjenis kelamin perempuan dan 1 siswa berjenis kelamin laki laki. Menentukan informan yang dipilih dari hasil nilai ulangan semester 1. Dari penelitian ini didapatkan hasil subjek 1 lebih sempurna dalam semua tahapan dari pada subjek 2 dalam memahami masalah pada soal cerita materi pecahan. seperti kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (Comprehensif errors) kesalahan dalam transformasi masalah (transformation errors), kesalahan keterampilan proses ( process skill errors), dan kesalaham jawaban akhir (endcoding errors). subjek 1 sudah benar untuk tahap memahami masalah pada soal yang diberikan, transformasi serta proses perhitungan seperti yang diketahui dari soal cerita dan apa yang ditanyakan dalam soal tersebut dan peroses penyelesaiannya, namun melakukan kesalahan pada tahap jawaban akhir sedangkan subjek 2 melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah, kesalahan dalam transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalaham jawaban akhir. Kata Kunci : Analisis kesalahan siswa, Prosedur Newman, Soal pecahan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up