JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SD INPRES PALUPI BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: ILFAYANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa kelas VI SD Inpres Palupi dalam materi operasi hitung campuran bilangan bulat berdasarkan kemampuan matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VI yang terdiri dari siswa kemampuan tinggi dan siswa kemampuan rendah berdasarkan nilai raport matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah, subjek kemampuan matematika tinggi menyebutkan informasi dan pertanyaan dalam soal namun belum memenuhi kecukupan syarat untuk menyelesaikan masalah, berencana menghitung banyaknya lampu dalam satu kardus selanjutnya menghitung banyaknya kardus yang diterima oleh Toko Murah, melaksanakan apa yang telah direncanakan sebelumnya dan menggunakan strategi menebak dan mengecek ketika mengalami kesulitan dalam menentukan hasil penyelesaian, serta melakukan pemeriksaan kembali tanpa melakukan perhitungan ulang dan menyimpulkan hasil yang diperoleh. Subjek kemampuan matematika rendah menyebutkan informasi dan yang ditanyakan dalam soal setelah melakukan pembacaan soal secara berulang, berencana menggunakan operasi hitung perkalian dan pembagian namun kurang tepat dalam memberikan alasan terhadap rencana penyelesaian, melaksanakan apa yang telah direncanakan namun dalam langkah penyelesaian untuk memperoleh hasil akhir kurang tepat karena tidak menguasai teknik pembagian, serta tidak melakukan tahap memeriksa kembali jawaban dan tidak dapat menyimpulkan hasil akhir yang ia peroleh dengan baik. Kata kunci: pemecahan masalah, operasi hitung campuran, langkah-langkah Polya |