JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENYAJIAN DATA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 4 BIROBULI KOTA PALU DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: RONAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 4 Birobuli Kota Palu melalui penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan video pada materi penyajian data. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 4 Birobuli Kota Palu dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat 45?ri siklus I ke siklus II. Pada tes akhir siklus I terdapat 8 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas, proporsi ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 40%. sedangkan pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas, proporsi ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 4 Birobuli pada materi penyajian data. Kata kunci: Model pembelajaran CORE, Hasil Belajar, Penyajian Data |