JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES PALUPI |
Nama: PRASETYOWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Van Hiele berbantuan media manipulatif pada materi lingkaran siswa Kelas VI SD Inpres Palupi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model PTK yang dikembangkan oleh Arikunto.S yang terdiri dari empat komponen dalam setiap siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Inpres Palupi Palu yang berjumlah 26 siswa terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan data hasil belajar siswa. Pada tes akhir siklus I terdapat 12 siswa tuntas dan 14 siswa tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 46,15%. Sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 84,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dan indikator keberhasilan tindakan telah tercapai. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Palupi pada materi lingkaran melalui fase-fase sebagai berikut:1) fase informasi,2) fase orientasi langsung, 3) fase penjelasan, 4) fase orientasi bebas dan 5) fase integrasi Kata Kunci: Model Pembelajaran Van Hiele, Hasil Belajar, Lingkaran. |