JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD INPRES 5 BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN |
Nama: ELISABET NAOMI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Elisabet Naomi. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Pembelajaran Metematika Realistik pada Siswa Kelas V SD Inpres 5 Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Maxinus Jaeng (Pembimbing 1) dan Pathuddin (Pembimbing II). Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data secara tertulis maupun lisan tentang aktivitas peserta atau perilaku subjek yang diamati. Fokus analisis pada penelitian ini adalah hasil kerja tertulis dari peserta didik dan hasil wawancara berdasarkan hasil kerja sebagai penguatan dan konfirmasi tentang pencapaian atau perolehannya berhubungan dengan volume bangun ruang kubus dan balok. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hasil analisis pemahaman konsep volume bangun ruang pada peserta didik kelas V SD Inpres 5 Birobuli. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep volume bangun ruang peserta didik kelas V SD Inpres 5 Birobuli pada ftetest rata-rata 56,00 dan thitung -4.802 < 2> 2,13155 (H0 diterima) dan pemahaman konsep kubus rata-rata 92 dan thitung 5.880 > 2,776 (H0 diterima). Pembelajaran realistik dapat memotivasi peserta didik untuk mengkontruksi pengetahuannya dengan melakukan proses pemecahan masalah secara terarah sehingga menemukan konsep matematika yang menyenangkan dalam mencapai tujuan dalam pembelajaran serta dapat menciptakan ide baru dan menggunakan aturan-aturan yang telah dipelajari terdahulu untuk membuat formulasi pemecahan masalah. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Volume, Bangun Ruang Matematika Realistik. |