Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 3 BIROBULI
Nama: ARNI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Arni. 2020. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Materi Operasi Penjumlahan Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 3 Birobuli. Tesis. Program studi Megister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayadi, Pembimbing (II) Dasa Ismaimuza. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan PMR dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan pecahan di kelas V SD Inpres 3 Birobuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi operasi penjumlahan pecahan di kelas V SD Inpres 3 Birobuli mengikuti langkah-langkah pendekatan PMR yaitu (1) memahami masalah kontekstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual, (4) membandingkan dan mendiskusikan jawaban siswa, dan (5) menyimpulkan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang terlihat pada hasil observasi aktivitas guru kategori sangat baik, aktivitas siswa kategori sangat aktif, hasil belajar afektif siswa kategori sangat baik, dan hasil belajar psikomotor siswa kategori sangat terampil di siklus II. Begitu pula hasil tes akhir siswa dengan persentase ketuntasan belajar menjadi 85% di siklus II. Kata kunci: Pendekatan PMR, Operasi Penjumlahan Pecahan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up