Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA DI KABUPATEN SIGI
Nama: ROSDIANA MATONENG
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Rosdiana Matoneng. A 232 18 010. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA di Kabupaten Sigi. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing: Maxinus Djaeng, Anggota Tim Pembimbing: Pathuddin Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi bahwa faktor kompetensi pedagogik guru dan faktor kompetensi profesional guru berperan penting terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di Kabupaten Sigi, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda melalui data yang diperoleh dari hasil tes kompetensi pedagogik dan profesional guru matematika dan nilai rata-rata ujian nasional matematika siswa SMA yang diperoleh di kantor LPMP Provinsi Sulawesi Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 guru matematika dari 10 sekolah SMA negeri dan swasta di Kabupaten Sigi. Hasil yang diperoleh menunjukkan secara simultan, nilai signifikansi (sig.) = 0,444 dan signifikansi koefisien regresi ganda F sebesar 0,912 serta secara parsial untuk pengaruh kompetensi pedagogik guru nilai signifikansi (sig.) = 0,929 dan nilai F sebesar 0,008, sedangkan untuk pengaruh kompetensi profesional guru nilai signifikansi (sig.) = 0,255 dan nilai F sebesar 1,505. Secara bersama-sama kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di Kabupaten Sigi. Kata Kunci: kompetensi pedagogik; kompetensi profesional; hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up