Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PERSEPSI SISWA PADA FULL DAY SCHOOL DAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 PALU
Nama: SITTI NUR RAHMA
Tahun: 2020
Abstrak
Sitti Nur Rahma, A 232 18 006. “Pengaruh Persepsi Siswa pada Full Day School dan Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Palu”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Ketua Tim Pembimbing Dasa Ismaimuza. Anggota Tim Pembimbing Nurhayadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang persepsi siswa pada pengaruh full day school dan pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu, baik secara parsial mapupun simultan. Data pada peneliitian ini adalah nilai hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Palu semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dan dari angket full day school, pendekatan saintifik dan motivasi belajar siswa. Sebelum angket ini digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas isi, uji keterbacan dan uji coba kelayaakan instrument yang diuji cobaakan di SMA Negeri 8 Palu kepada 35 orang siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 palu. Populasi dalam penelitian ini adalah 663 orang siswa dengan sampel yang berjumlah 64 orang siswa yang berasal dari siswa kelas X dan kelas XI (IPA dan IPS). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara full day school dengan hasil belajar siswa, (2) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara full day school dengan motivasi belajar siswa, (3) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa, dan (4) Secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan motivasi belajar siswa, (5) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara full day school dan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa, (6) Secara simultan terdapat pengaruh yang siginifikan antara full day scool dan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar, (7) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara full day school, pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, Kata Kunci: full day school, pendekatan saintifik, hasil belajar dan motivasi belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up