Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKARAKTERISTIK PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR SISWA SMP BERGAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT
Nama: MUHAMMAD RIZAL, S.PD
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Karakteristik Pemecahan Masalah Bangun Datar Siswa SMP Bergaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah Polya. Hasil penelitian menunjukkan Karakteristik memahami masalah, Partisipan FI cenderung menyatakan masalah secara analitik, artinya suatu masalah diuraikan menjadi bagian-bagian kecil menggunakan kalimat sendiri. Karakteristik membuat perencanaan, Partisipan FI menentukan kaitan antara informasi yang diberikan dengan yang tidak diketahui dan menghitung variabel yang tidak diketahui dengan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya. Karakteristik melaksanakan rencana, Partisipan FI menerapkan ide-idenya pada langkah kedua menggunakan konsep segitiga dan teorema Pythagoras sehingga memperoleh hasil yang benar dengan menggunakan kalimat sendiri dan lebih singkat. Karakteristik memeriksa kembali, Partisipan FI mengecek ulang langkah demi langkah setiap jawaban untuk memastikan jawaban telah diyakini benar dan memperoleh kesimpulan.Karakteristik memahami masalah, Partisipan FD cenderung menyatakan suatu masalah secara lengkap dari informasi yang diberikan. Karakteristik membuat perencanaan, Partisipan FD menentukan kaitan antara informasi yang diberikan dengan yang tidak diketahui dan menghitung variabel yang tidak diketahui dengan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya. Karakteristik melaksanakan rencana, Partisipan FD menerapkan ide-idenya pada langkah kedua dengan menuliskan langkah secara lengkap dan menyeluruh sehingga memperoleh hasil yang benar. Karakteristik memeriksa kembali, Partisipan FD mengecek ulang dengan cara menghitung kembali hasil pekerjaan dan menarik kesimpulan. Kata Kunci: Karakteristik, Pemecahan Masalah, Bangun Datar, FI dan FD.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up