Judul PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA BERDASARKAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR DI KELAS V SDN 23 PALU |
Nama: I MADE SUDARSANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK I Made Sudarsana. 2021. “Profil Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematika Pada Materi Geometri Bangun Datar Di Kelas V SDN 23 Palu”.Tesis Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sudarman Bennu, Pembimbing (II). Sukayasa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh Profil Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematika Pada Materi Geometri Bangun Datar Di Kelas V SDN 23 Palu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan gambaran yang mendalam mengenai profil pemecahan masalah siswa dalam memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah subjek yang memiliki kecemasan matematika rendah, sedang dan berat dalam memecahkan masalah berdasarkan langkah- langkah polya yaitu sebagai berikut: (1) Pada tahap memahami masalah subjek kecemasan rendah, sedang dan berat mampu menuliskan hal yang diketahui dengan memahami kalimat “pernyataan” dan hal yang ditanyakan dengan memahami kalimat “pertanyaan atau kalimat perintah”.(2) Pada tahap merencanakan pemecahan masalah subjek kecemasan rendah, sedang memiliki rencana pemecahan masalah yang sama yaitu menggunakan rumus luas persegi panjang dan luas persegi.(3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek dengan kecemasan rendah dan sedang dapat menerapkan strategi untuk menyelesaiakan masalah sesuai dengan apa yang telah direncanakan terlebih dahulu Sedangkan subjek kecemasan berat mengalami kesulitan pada saat mengerjakan masalah dan tidak dapat menyelesaikan masalah dengan tepat.(4) Pada tahap memeriksa kembali masalah subjek kecemasan rendah dengan sangat teliti memeriksa kembali langkah demi langkah hasil pekerjaan dan menguji kembali hasil yang telah peroleh. Subjek kecemasan sedang dan berat tidak melakukan pengujian terhadap hasil yang diperoleh karena telah merasa yakin dengan jawaban yang Ia peroleh. Kata kunci : profil pemecahan masalah bangun datar, kecemasan matematika. |