JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT |
Nama: MOHAMMAD HANIF |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Mohammad Hanif, 2020. Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Trigonometri Ditinjaui dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayadi Pembimbing (II) Sutji Rochaminah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi profil pemecahan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan gambaran yang mendalam mengenai profil memecahkan masalah siswa kelas X pada materi trigonometri ditinjau dari tipe kepribadaian extrovert dan introvert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah subjek yang berkepribadian extrovert dan introvert dalam memecahkan masalah berdasarkan langkah-langkah polya yaitu: 1) Pemecahan masalah siswa yang berkepribadian extrovert pada tahap memahami masalah yaitu ketika diberikan masalah siswa berkepribadian extrovert tanpa berpikir panjang mampu mengemukakan pendapatnya mengenai masalah yang diberikan seperti hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari masalah dengan melibatkan pengetahuannya tentang kalimat “pernyataan” dan kalimat “pertanyaan”, pada tahap membuat rencana penyelesaian masalah yaitu siswa berkepribadian extrovert tanpa berpikir panjang merumuskan cara yang akan digunakan ketika diberikan soal trigonometri seperti menentukan jarak pohon dan gedung, tinggi gedung yang dituangkan dalam bentuk gambar segitiga, pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu siswa extrovert tanpa berpikir panjang mengerjakan apa yang telah direncanakan sebelumnya dengan menggambarkan bangun datar berupa segitiga yang diperoleh dari gedung, puncak pohon, jarak gedung dan puncak pohon serta siswa yang berdiri didasar gedung dan siswa yang berada di lantai atas gedung, siswa berkepribadian extrovert menggunakan kemampuanya dalam menghubungkan konsep yang berupa gambar, simbol-simbol dan mengoperasikan simbol-simbol untuk menemukan solusi dari masalah yang diberikan, pada tahap memeriksa kembali jawaban yaitu siswa extrovert meyakini kebenaran jawaban tanpa melakukan pemeriksaan terhadap pekerjaan maupun hasil yang diperoleh; 2) Pemecahan masalah siswa yang berkepribadian introvert pada tahap memahami masalah yaitu ketika diberikan masalah siswa membaca masalah secara berulang-ulang untuk memahami maksud dari masalah yang diberikan lalu berpikir sejenak untuk memikirkan apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah tersebut, pada tahap membuat rencana penyelesaian masalah yaitu siswa berkepribadian introvert berpikir sejenak dan berhati-hati dalam merumuskan cara yang akan digunakan ketika diberikan masalah seperti menentukan jarak pohon dan gedung, tinggi gedung yang dituangkan dalam bentuk gambar segitiga, pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu siswa berkepribadian introvert membutuhkan waktu yang lebih lama dan tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan soal seperti menggambarkan bangun datar berupa segitiga yang diperoleh dari gedung, puncak pohon, jarak gedung dan puncak pohon serta siswa yang berdiri didasar gedung dan siswa yang berada di lantai atas gedung, siswa introvert mampu mengerjakan sendiri dan tidak banyak bertanya ketika mengerjakan soal yang diberikan, pada tahap memeriksa kembali jawaban yaitu siswa berkepribadian introvert melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya dengan melakukan perhitungan kembali dengan cara memeriksa kembali serta menguji ke dalam aturan sinus sehingga siswa tersebut meyakini kebenaran jawaban yang diperoleh. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, trigonmetri, Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert ? |