JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL SISWA KELAS X DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA DAN GENDER DI MAN 2 KOTA PALU |
Nama: RINA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rina. 2019. Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Dan Gender Di Man 2 Kota Palu. Tesis, Magister Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Dr. Sudarman Bennu, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Sukayasa, M.Pd. Pelelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang profil pemecahan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MAN 2 Kota Palu ditinjau dari kecemasan matematika dan gender berdasarkan langkah-langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat subjek yaitu siswa laki-laki dan perempuan memiliki kecemasan matematika berat dan ringan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen kecemasan belajar matematika, instrumen lembar tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Uji validasi data yang digunakan adalah uji triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada saat memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menjalankan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, siswa laki-laki yang memiliki kecemasan matematika berat mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan kurang lengkap, (2) Pada saat memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menjalankan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, siswa laki-laki yang memiliki kecemasan matematika rendah mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan sangat lengkap. (3) Pada saat memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menjalankan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, siswa perempuan yang memiliki kecemasan matematika berat mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan kurang lengkap. (4) Pada saat memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menjalankan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, siswa perempuan yang memiliki kecemasan matematika rendah mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan sangat lengkap. Kata Kunci : Profil, Pemecahan Masalah, Kecemasan Matematika, Gender. |