JudulPERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN RECEPTION LEARNING |
Nama: VERAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Verawati. 2021. Perbedaan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Dan Reception Learning. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mustamin Idris, Pemimbing (II) Sutji Rochaminah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa menggunakan model discovery learning dan reception learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa MAN 2 Kota Palu, kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematis. Analisa data yang digunakan adalah uji t dan anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model discovery learning dan reception learning, (2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (3) Terdapat interaksi antara model dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, (4) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang belajar dengan menggunakan model discovery learning dan reception learning, (5) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang belajar dengan menggunakan model discovery learning dan reception learning, (6) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model discovery learning dan reception learning, (7) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (8) Terdapat interaksi antara model dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (9) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang belajar dengan menggunakan model discovery learning dan reception learning, (10) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang belajar dengan menggunakan model discovery learning dan reception learning. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Reception Learning, Kemampuan Koneksi, Kemampuan Komunikasi. |