JudulANALISIS KARAKTERISTIK BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PROBLEM POSING MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN |
Nama: HAIRIYAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Hairiyah. 2019. Analisis Karakteristik Berpikir Kreatif Siswa melalui Problem Posing Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maxinus Djaeng, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Usman H.B, M.Pd. Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh deskripsi tentang karakteristik berpikir kreatif siswa perempuan dan siswa laki-laki melalui problem posing matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus yang didasarkan pada kategori berpikir kreatif menurut Balka. Subjek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling yang bersedia untuk memberikan informasi yang lengkap, memiliki sifat keterbukaan, dan bersedia untuk bekerja sama. Dua subjek yang dipilih yaitu siswa perempuan (PR) dan siswa laki-laki (LK). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik berpikir kreatif melalui problem posing Subjek PR dan Subjek LK pada kategori: (1) kefasihan yaitu, Subjek PR mengajukan 16 masalah dan subjek LK mengajukan 15 masalah mengenai fungsi merepresentasikan kandungan informasi yang diberikan (2) fleksibilitas yaitu Subjek PR mengajukan 16 masalah dan subjek LK mengajukan 15 masalah yang mengarah pada pemahaman fungsi dengan kategori yang berbeda mengenai fungsi, (3) kebaruan yaitu, Subjek PR mengajukan 9 masalah baru dan subjek LK mengajukan 10 masalah baru pada saat wawancara, yang berbeda dari masalah yang diajukan pada saat mengerjakan tugas tertulis problem posing, dan (4) pemahaman yaitu, Subjek PR dan Subjek LK membuat pengaitan antar ide mengenai konsep fungsi. Kata Kunci: Karakteristik, Berpikir, Kreatif, Problem Posing, Jenis Kelamin. |