JudulANALISIS KETERAMPILAN DASAR GEOMETRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR MODEL VAN HIELE DI KELAS VII MTs NEGERI 3 PALU |
Nama: WIDYA WULANDARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Widya Wulandari. 2020. Analisis Keterampilan Dasar Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Ditinjau dari Level Berpikir Model Van Hiele di Kelas VII Mts Negeri 3 Palu. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa, Pembimbing (II) Sutji Rochminah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi analsis keterampilan dasar geometri siswa dalam menyelesaikan soal segiempat ditinjau dari level berpikir model Van Hiele di Kelas VII MTs Negeri 3 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis keterampilan dasar geometri siswa dengan level berpikir model Van Hiele level 0 (analisis) dan level 1 (visualisasi) memiliki keterampilan visual, verbal, menggambar, logika, dan terapan. Siswa dengan level 0, mampu mengenal bangun segiempat dan sifatnya, mulai mendefinisikan bangun segiempat, mengetahui aturan melabeli suatu bangun, mengetahui persamaan dan perbedaan bangun, mulai menerapkan model geometri dan sifat-sifat bangun dalam pemecahan masalah. Siswa level 1, mampu mengenal segiempat dari bentuk dan sifatnya dengan baik, dapat mendefinisikan bangun dengan bahasa sendiri, mengetahui aturan untuk melabeli bangun, mengetahui persamaan dan perbedaan bangun, dapat menerapkan model geometri dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah. Kata kunci: analisis, keterampilan dasar geomeri, menyelesaikan soal segiempat, level berpikir Model Van Hiele. |