JudulPENGARUH PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: NURHAYATIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh: (1) pengetahuan metakognisi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu; (2) perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu; (3) pengetahuan metakognisi dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 116 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Data hasil belajar matematika diperoleh dengan menggunakan tes sedangkan data pengetahuan metakognisi, dan perhatian orang tua menggunakan angket. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linear ganda, dengan taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) pengetahuan metakognisi terhadap hasil belajar dengan kontribusi 95,8%; (2) perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan kontribusi 87; (3) pengetahuan metakognisi dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi 97%. Kata Kunci: Pengetahuan Metakognisi, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika |