JudulEFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY DI SMPN 1 AMPANA TETE KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: RAHLIHAFNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan perencanaan (plan) pembelajaran, pelaksanaan (do) pembelajaran, serta refleksi (see) pembelajaran berbasis Lesson Study oleh guru matematika SMP Negeri Ampana Tete serta mendeskripsikan efektifitas pembelajaran berbasis lesson study di SMP Negeri 1 Ampana Tete berdasarkan aktifitas guru dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada kegiatan plan adalah menentukan tujuan pembelajaran, menetapkan model pembelajaran, membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), pembentukan kelompok siswa, menentukan guru model. Pada kegiatan do, setiap kegiatan mengikuti langkah sebagai berikut: guru model dan 3 observer serta peneliti masuk ke kelas, memposisikan diri diantara kelompok siswa, mengamati proses pembelajaran dan mencatat hasil pengamatan sesuai dengan lembar observasi, guru model melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, observer mengisi lembar observasi siswa dan guru. Pada kegiatan see langkah pelaksanaannya yaitu guru model menyampaikan hal-hal yang dirasakan saat pembelajaran, baik terhadap dirinya maupun siswa yang dihadapi, observer menyampaikan hasil observasinya, terutama yang menyangkut kegiatan siswa dan guru selama berlangsung pembelajaran, guru model memberikan tanggapan kembali atas hasil observasi, diskusi mempertimbangkan kembali rencana pembelajaran yang telah disusun sebagai dasar untuk perbaikan rencana pembelajaran berikutnya. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran berbasis lesson study sangat efektif diterapkan oleh guru matematika SMP Negeri Ampana Tete di SMP Negeri 1 Ampana Tete. Kata kunci : Efektifitas, lesson study. |