Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENERAPAN TEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII B MTS AL-KHAIRAAT PUSAT PALU
Nama: RATU AULIYA ZAHRA SYAHIDA
Tahun: 2018
Abstrak
ABSTRAK Ratu Auliya Zahrah Syahida, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Penerapan Teorema Phytagoras di Kelas VIII B MTs. Al-khairaat Pusat Palu , Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Maxinus Jaeng, Pembimbing (II) Sudarman Bennu. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya penalaran matematis siswa pada materi penerapan Teorema Phytagoras yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : (1) Faktor kebiasaan siswa belajar secara konvensional (2) tidak fokusnya siswa dalam proses pembelajaran (3) faktor pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang membangun kemampuan pemecahan masalah matematis (4) kurangnya kemampuan bernalar siswa sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memecahkan masalah matematis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini berlokasi di MTS Al-Khairat Pusat Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan penalaran matematis siswa, dengan tahapannya yaitu: 1) Orientasi Masalah; 2) pendefinisian masalah; 3) belajar mandiri; 4) belajar kelompok; dan 5) penilaian. Pada tahap konsep dasar, guru menyampaikan materi prasyarat. Pada tahap pendefinisian masalah, guru menampilkan soal matematika. Pada tahap belajar mandiri, siswa secara mandiri mencari solusi dari soal yang diberikan. Pada tahap belajar kelompok, siswa mengerjakan soal dengan teman kelompoknya. Pada tahap penilaian, guru bersama siswa melakukan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan matematis siswa yaitu 1) siswa mampu merencanakan proses solusi; 2) siswa mampu memberi penjelasan terhadap model,fakta,sifat,hubungan atau pola ; 3) Siswa mampu menggunakan pola hubungan untuk menganalisis situasi atau memberi analogi; 4) Siswa mampu menarik kesimpulan yang logis. Kata Kunci : PBM; penalaran matematis; penerapan teorema phytagoras

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up