JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM NUMERASI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN |
Nama: NI KADEK JULIARTINI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Juliartini, N. K., 2025. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Jenis Kelamin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Mubarik. Kemampuan siswa SMP Negeri 6 Palu dalam menyelesaikan soal AKM numerasi mendapatkan label capaian dalam bentuk warna kuning yang artinya kemampuan literasi numerasi siswa termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan prosedur Newman di kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes tertulis soal AKM numerasi domain level 4 oleh seluruh siswa kelas VIII D Kebangsaan SMP Negeri 6 Palu dengan cara purposive sampling. Dari hasil tes ini dipilih dua orang siswa terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan selanjutnya dilakukan wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu dalam meyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari jenis kelamin, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa kesalahan siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal AKM numerasi adalah kesalahan memahami, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal AKM numerasi adalah kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal AKM Numerasi, Prosedur Newman, Jenis Kelamin. |