Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PALU PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Nama: RAFIF ARISTO NANDANA
Tahun: 2025
Abstrak
Rafif Aristo Nandana Reynold, 2025. "Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Palu Pada Penyelesaian Soal Cerita Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Alfisyahra S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa pada penyelesaikan soal cerita operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar berdasarkan teori Newman ditinjau dari gaya kognitif di SMP Negeri 10 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis kesalahan Newman Error Analysis (NEA) yang meliputi lima tahap: membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang masing-masing 1 Orang siswa bergaya kognitif Field Independent dan 1 Orang siswa bergaya kognitif Field Dependent, yang dipilih melalui tes GEFT. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis soal cerita bentuk aljabar dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan model kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif Field Independent mengalami kesalahan pada tahap memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Sementara itu, siswa dengan gaya kognitif Field Dependent melakukan kesalahan pada semua tahap, termasuk membaca. Faktor penyebab kesalahan siswa mencakup kurangnya pemahaman konsep aljabar, ketidaktelitian dalam menyelesaikan soal, serta pengaruh gaya kognitif terhadap strategi penyelesaian yang dipilih. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan gaya kognitif siswa dan penguatan pemahaman konsep matematika untuk meminimalkan kesalahan dalam penyelesaian soal. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Bentuk Aljabar, Newman Error Analysis, Gaya Kognitif, Operasi Hitung

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up