Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu Dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Nama: FASYA ARDHINDA ANATASYA
Tahun: 2025
Abstrak
Fasya Ardhinda Anatasya, 2025. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Kemampuan Matematika”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Ibnu Hadjar, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu ditinjau dari kemampuan matematika dengan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal AKM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu yang berjumlah 3 orang yang dipilih berdasarkan kategori tingkat kemampuan matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesalahan siswa dianalisis menggunakan prosedur Newman yang mencakup lima kategori kesalahan: membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses dan penyandian. Data diperoleh melalui tes tertulis AKM numerasi level 4 dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal yaitu: (1) tidak ada subjek yang melakukan kesalahan membaca soal, karena pada saat dimintai untuk membaca soal semua subjek dapat membaca soal dengan baik (2) tidak ada subjek yang melakukan kesalahan pemahaman, hal ini dapat diketahui pada saat tes tertulis dan wawancara bahwa semua subjek dapat menjelaskan informasi penting yang terdapat dalam soal dan dapat menjelaskan apa yang ditanyakan pada soal. (3) kesalahan transformasi dilakukan oleh semua subjek penelitian, sebab ketiga subjek tidak dapat menggunakan metode penyelesaian soal yang sesuai. (4) kesalahan keterampilan proses dilakukan oleh semua subjek penelitian, sebab ketiga subjek keliru dalam mengoperasikan soal atau salah dalam melakukan perhitungan (5) kesalahan penyandian dilakukan oleh semua subjek penelitian, sebab ketiga subjek salah dalam menuliskan hasil atau tidak menuliskan hasil akhir dari jawaban. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, AKM, Kemampuan Matematika, Newman Error Analysis, Numerasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up