JudulAnalisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Linear Di Kelas VIII SMPN 6 Palu |
Nama: DINDA PUTRI PAGILALO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal fungsi linear di kelas VIII SMPN 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi (ST), kemampuan matematika sedang (SS), dan kemampuan matematika rendah (SR) yang dipilih dari 18 orang siswa kelas VIII berdasarkan nilai ujian akhir semester mata pelajaran matematika semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes yang memuat materi fungsi linear dan tes wawancara. Masing-masing subjek diberikan soal tes tertulis, kemudian diwawancara dan dilakukan uji kredibilitas data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) siswa berkemampuan matematika tinggi (ST) memenuhi 3 indikator literasi matematika yaitu merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan, (2) siswa berkemampuan matematika sedang (SS) memenuhi 2 indikator literasi matematika yaitu merumuskan dan menafsirkan, (3) siswa berkemampuan matematika rendah (SR) hanya memenuhi 1 indikator literasi matematika yaitu merumuskan. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Literasi Matematika, Fungsi Linear. |