Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 1 Tinombo Selatan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Metode Newman
Nama: SITTI ZAHRA
Tahun: 2025
Abstrak
Sitti Zahra. 2025. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 1 Tinombo Selatan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Metode Newman”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gandung Sugita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII di SMP Negeri Satap 1 Tinombo Selatan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan metode Newman. Metode Newman mengidentifikasi berdasarkan lima kesalahan: kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan pengkodean. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang dipilih yaitu satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi (A), satu siswa dengan kemampuan matematika sedang (T) dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah (S). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis, dan wawancara. Kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan membercheck. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek A, T dan S tidak mengalami kesalahan membaca. Ketiga subjek mengalami kesalahan memahami masalah pada soal, subjek A keliru menuliskan apa yang ditanyakan dari soal nomor satu dan dua, subjek T tidak menuliskan apa yang ditanyakan dari soal nomor satu dan keliru menuliskan apa yang ditanyakan dari soal nomor dua, subjek S tidak menuliskan apa yang ditanyakan dari soal nomor dua. Ketiga subjek mengalami kesalahan transformasi disebabkan oleh kasalahan menuliskan pemisalan, kedua subjek A dan S keliru menulis pemisalan pada soal nomor dua, subjek T melakukan kesalahan pada penulisan pemisalan. Ketiga subjek mengalami kesalahan keterampilan proses, subjek A tidak dapat melanjutkan proses penyelesaian pada operasi pembagian dan subjek T tidak dapat melakukan proses manipulasi aljabar pada soal nomor satu dan salah penghitungan pada operasi perkalian soal nomor dua, subjek S tidak melanjutkan proses penyelesaian pada tahap selanjutnya. Ketiga subjek mengalami kesalahan penuliskan jawaban akhir, disebabkan subjek A dan S tidak menuliskan kesimpulan,dan T tidak menuliskan kesimpulan pada soal nomor dua, serta kurang lengkap menuliskan kesimpulan pada soal nomor dua. Kata kunci: analisis kesalahan siswa, soal cerita SPLDV, metode Newman.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up