Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERPANGKAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 21 PALU
Nama: ERMA NURHIJJAH RAKASIWI
Tahun: 2025
Abstrak
Erma Nurhijjah Rakasiwi, 2025. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Berpangkat di Kelas VIII SMP Negeri 21 Palu". Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Fajriani Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas VIII SMP Negeri 21 palu. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas lembar observasi, soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas VIII SMP Negeri 21 Palu, dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament, yaitu: (1) penyajian kelas (class precentation), (2) belajar dalam kelompok (teams), (3) permainan (games), (4) pertandingan (tournament), dan (5) penghargaan kelompok (team recognation). Hasil tes akhir tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I terlihat siswa masih sulit dalam menyelesaikan soal yang diberikan sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal tersebut dan terdapat siswa yang masih kesulitan dalam menentukan bilangan berpangkat negatif. Sedangkan pada siklus II siswa sudah lebih memahami cara mengerjakan soal bilangan berpangkat dalam menentukan sifat-sifat bilangan berpangkat. Berdasarkan persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) pada siklus I menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat negatif. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas yaitu dari 22 siswa yang mengikuti tes akhir, hanya ada 14 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau mendapat nilai yang mencapai KKM yaitu 75, sehingga persentase pada siklus I hanya mencapai 63,63%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa dari 17 siswa yang mengikuti tes akhir, 16 siswa memperoleh nilai tuntas atau mencapai KKM yaitu 75, sehingga hasil persentase pada siklus II mencapai 93,11%. Selain itu, hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan quizizz dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada materi bilangan berpangkat di kelas VIII SMP Negeri 21 palu. Kata kunci: kooperatif, Team Games Tournament, quizizz, hasil belajar, bilangan berpangkat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up