Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pamona Utara Dalam Pemecahan Masalah Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar
Nama: ALFA BIBLE BAKUMAWA
Tahun: 2025
Abstrak
Alfa Bible Bakumawa, 2025. “Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pamona Utara Dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mubarik, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pamona Utara pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek tiga orang siswa yang memiliki gaya belajar berbeda, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Penentuan subjek dilakukan melalui angket gaya belajar dan mempertimbangkan kesetaraan kemampuan matematika berdasarkan nilai rapor serta rekomendasi guru. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes tertulis, dan wawancara semi terstruktur. Instrumen penelitian terdiri atas soal uraian yang mengacu pada empat langkah pemecahan masalah menurut Polya: memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator langkah Polya. Siswa dengan gaya belajar auditorial menunjukkan kemampuan dalam memahami masalah hingga melaksanakan perencanaan namun belum mampu untuk memeriksa kembali hasil. Sementara itu, siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu dalam membuat perencanaan dan melaksanakan perhitungan namun belum mampu untuk memahami masalah dan memeriksa kembali hasil. Temuan ini menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam setiap langkah pemecahan masalah matematika. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Kata Kunci: Analisis Kemampuan, Pemecahan Masalah, Polya, Relasi Dan Fungsi, Gaya Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up