JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALU |
Nama: IREINE GRATIA CHRISTY NUSI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ireine G.C. Nusi, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Smk Negeri 1 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rahma Nasir, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajararan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Palu tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Quasi Experiment dengan desain eksperimen Nonequivalent (Posttest only) Control-Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 79,31, yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yang hanya 66,93. Simpulan, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran kelas XI SMK Negeri 1 Palu pada tahun ajaran 2024/2025 berpengaruh postitif terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar; Pendidikan Matematika; Problem Based Learning; Media Pembelajaran |