JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP |
Nama: MOH.MIJRATS H.MANONORANG |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2024/2025 di Kecamatan Walea Kepulauan berjumlah 301 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan independent-sample test dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP. |