Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa
Nama: DARWIA W. LUMBAI
Tahun: 2025
Abstrak
Darwia W. Lumbai, 2025. ''Profil Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Bakri M, S.Pd., M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah materi bangun datar siswa SMP Negeri 19 Palu ditinjau dari gaya kognitif FI dan FD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek dua orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes GEFT, tingkat kemampuan matematika yang setara dan rekomendasi guru. Instrumen yang digunakan meliputi tes GEFT, tes pemecahan masalah dan wawancara semiterstuktur yang dianalisis dengan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Data dianalisis dengan teknik analisis data model Miles, Huberman dan Saldana melalui tiga tahap: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI menyelesaikan keempat tahap secara lengkap. Subjek FI dapat mengidentifikasi informasi penting dari soal dengan menyalin kembali informasi yang terdapat dalam soal, menyusun rencana sesuai dengan indikator langkah Polya dan memilih rumus dan strategi yang sesuai, melaksanakan rencana secara urut sesuai dengan yang telah direncanakan serta memeriksa kembali hasil pekerjaannya hingga melakukan perhitungan kembali dan yakin akan kebenarannya. Siswa dengan gaya kognitif FD menyelesaikan keempat tahap secara lengkap. Subjek FD dapat mengidentifikasi informasi yang ada dalam soal dengan mengidentifikasi informasi inti yang terdapat dalam soal, menyusun rencana sesuai dengan indikator langkah Polya dan menyusun rumus dan strategi yang sesuai, melaksanakan rencana secara urut sesuai dengan yang telag direncanakan serta memeriksa kembali subjek FD tidak melakukan perhitungan ulang secara menyeluruh hanya saja melihat kembali rumus yang digunakan sudah sesuai dengan informasi yang ada dalam soal. Kata kunci: Pemecahan masalah, Gaya kognitif, Field Independent, Filed Dependent, Langkah Polya

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up