Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Media Pembelajaran Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai
Nama: ERLY FITRIYANINGSIH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai melalui penggunaan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire di kelas VII D SMP Negeri 3 Palu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire pada proses pembelajaran, masing-masing terdiri dari tahap: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data ini menggunakan tes tertulis berupa pre-tes dan post-tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I hanya 13 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase sebesar 43%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa dengan persentase sebesar 79%. Selain itu, penggunaan Lectora Inspire juga mampu meningkatkan antusiasme, fokus, dan keterlibatan aktif siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up