JudulPROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI EKSPONEN SISWA KELAS X SMAN 1 DAMPAL UTARA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: AULIA SAL SABILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak AULIA SAL SABILA, 2025 “Profil Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Eksponen Siswa Kelas X SMAN 1 Dampal Utara ditinjau dari gaya kognitif.” Program Studi Pendidikan Matematika,Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako,Pembimbing Sutji Rochaminah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi eksponen berdasarkan gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI) di kelas X SMAN 1 Dampal Utara. Berpikir reflektif merupakan bagian penting dari berpikir tingkat tinggi, yang melibatkan proses mengingat kembali pengetahuan, menganalisis informasi, dan mengambil keputusan secara matang dalam menyelesaikan masalah. Gaya kognitif menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perbedaan cara berpikir dan menyelesaikan masalah setiap individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa tes pemecahan masalah dan wawancara.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMAN 1 Dampal Utara yang terdiri dari 2 orang yaitu peserta didik bergaya kognitif FI dan FD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FD mampu menyampaikan informasi dengan baik (reacting), namun kurang dalam memahami masalah dan menjelaskan solusi (elaborating), serta kurang kritis dalam mengevaluasi hasil (contemplating). Sementara itu, siswa dengan gaya kognitif FI menunjukkan kemampuan berpikir reflektif yang lebih kuat di semua kategori tersebut. Mereka mampu memahami masalah, menjelaskan alasan dengan jelas, serta menilai solusi secara mandiri dan penuh percaya diri. Temuan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif siswa guna mengembangkan kemampuan berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: berpikir reflektif, gaya kognitif, field dependent, field independent, pemecahan masalah, eksponen |