Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTs Alkhairaat Tondo Pada Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Tipe Kepribadian
Nama: SARPIA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tondo ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Subjek penelitian terdiri atas dua siswa, masing-masing mewakili tipe kepribadian extrovert (SE) dan introvert (SI). Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah matematika dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan empat tahap pemecahan masalah menurut Polya: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan siswa extrovert mampu memahami masalah dan membuat rencana secara verbal serta menjelaskan langkah penyelesaian menggunakan rumus keliling dan luas persegi panjang. Namun, mereka tidak menyebutkan rumus secara langsung, tidak menuliskan langkah penyelesaian secara tepat, kurang konsisten dalam pelaksanaan, dan belum berhasil menyelesaikan soal dengan benar. Pada tahap pemeriksaan akhir, siswa extrovert belum menuliskan jawaban akhir secara tepat, menunjukkan keunggulan dalam komunikasi lisan tetapi kurang kritis dan sistematis dalam pemecahan masalah tertulis, sehingga memerlukan bimbingan lebih lanjut. Sebaliknya, siswa introvert memperlihatkan ketelitian tinggi di semua tahap pemecahan masalah, menuliskan informasi secara rinci, menyusun rencana berdasarkan pemahaman, melaksanakan strategi dengan teliti, serta memeriksa kembali jawabannya sebelum diserahkan. Kesimpulannya, tipe kepribadian memengaruhi gaya dan kualitas pemecahan masalah matematika siswa, dengan siswa introvert menunjukkan kemandirian, ketelitian, dan penyelesaian yang lebih terstruktur dibandingkan siswa extrovert.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up