Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALU PADA SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Nama: MUHAMAD WALI KUSUMAJOYO KRISNO
Tahun: 2025
Abstrak
MUHAMAD WALI KUSUMAJOYO KRISNO, 2025. “Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palu Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurhayadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berdasarkan gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) menggunakan pendekatan Polya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palu yang masing-masing mewakili gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual belum sepenuhnya memahami masalah sesuai prosedur Polya, meskipun dapat menyebutkan sebagian informasi dengan kata-kata sendiri. Subjek menyusun rencana secara logis dan melaksanakan langkah-langkah secara sistematis, namun tidak memeriksa ulang hasilnya sehingga terdapat kesalahan yang tidak terkoreksi. Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat memahami masalah secara lengkap dan menyusun rencana dengan menjumlahkan informasi berdasarkan urutan waktu. Subjek melaksanakan rencana secara konsisten tetapi tidak memeriksa ulang hasil secara menyeluruh, mengakibatkan kesalahan yang dibiarkan tanpa koreksi. Sebaliknya, siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan pemahaman yang baik, menyusun rencana yang sesuai, melaksanakan langkah-langkah secara sistematis, dan memeriksa ulang hasil sesuai prosedur Polya, sehingga memperoleh jawaban yang benar dan yakin akan hasilnya. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan pentingnya memperhatikan langkah pemeriksaan ulang dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Polya, Gaya Belajar, Bilangan Bulat, Siswa SMP

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up