Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 1 Balaesang Tanjung
Nama: EVA WIDIATSYI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang kubus pada siswa kelas IX SMPN 1 Balaesang tanjung dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Balaesang Tanjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek IA memiliki pemahaman yang baik dalam merepresentasikan konsep dalam bentuk verbal, visual, dan simbolik. IA juga mampu menyesuaikan rumus luas permukaan kubus dengan kondisi soal, menunjukkan pemahaman konseptual yang kuat dan fleksibilitas dalam pemecahan masalah. Subjek AZ menunjukkan pemahaman yang cukup baik dalam menyajikan konsep secara verbal dan simbolik, serta mampu menyesuaikan rumus luas permukaan sesuai dengan kondisi soal. Namun, pemahamannya masih bersifat prosedural, terlihat dari keterbatasannya dalam menjelaskan alasan di balik penggunaan rumus tertentu. Sementara itu, subjek WA menunjukkan pemahaman dasar dalam menyajikan konsep dan memilih prosedur penyelesaian yang benar. Namun, WA masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan rumus dengan kondisi soal, menunjukkan bahwa pemahaman konsepnya masih terbatas dan lebih berorientasi pada hafalan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up