JudulANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL-KHAIRAAT TONDO PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN |
Nama: RATRY MILATUN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ratry Milatun, 2025. ”Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al-Khairaat Tondo Pada Materi Teorema Pythagoras Ditimjau Dari Tipe Kepribadian.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Tegoeh S Karniman Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTS Al-Khairaat Tondo pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang dipilih berdasarkan hasil angket tipe kepribadian, yakni satu siswa berkepribadian ekstrovert dan satu siswa berkepribadian introvert. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkepribadian ekstrovert dalam menghubungkan benda nyata dan gambar ke dalam ide matematika mampu menggambarkan situasi dalam bentuk ilustrasi dengan cukup baik, namun kurang teliti dalam menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Dalam menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematis secara lisan, siswa ekstrovert lebih percaya diri dan aktif dalam menyampaikan pemikirannya, tetapi kurang sistematis dalam menyusun argumen matematis. Selain itu, siswa ekstrovert cenderung terburu-buru dalam memahami masalah pada materi Teorema Pythagoras sehingga sering melakukan kesalahan dalam menyusun solusi dan kurang memperhatikan langkah-langkah penyelesaian yang benar. (2) siswa berkepribadian introvert dalam menghubungkan benda nyata dan gambar ke dalam ide matematika lebih berhati-hati dan teliti dalam menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Dalam menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematis, siswa introvert lebih nyaman menyampaikan pemikirannya dalam bentuk tulisan dibandingkan secara lisan. Siswa ini juga cenderung lebih sistematis dalam memahami dan menganalisis masalah pada materi Teorema Pythagoras, sehingga mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian yang lebih tepat, teliti dalam melakukan perhitungan, dan menarik kesimpulan yang sesuai dengan masalah yang diberikan. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Teorema Pythagoras, tipe kepribadian ekstrovert, tipe kepribadian introvert. |