JudulAnalisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Dampelas Melalui Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kecemasan Matematika (math Anxiety) |
Nama: LUSIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan literasi numerasi tidak selamanya dapat terwujud atau terpenuhi. Salah satu hambatan dalam kemampuan literasi numerasi adalah kecemasan matematika yang bisa saja dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMPN 02 Dampelas ditinjau dari kecemasan matematika rendah sedang dan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan matematika, tes, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi waktu. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa kelas VIII A yang memiliki kecemasan matematika rendah, kecemasan matematika sedang, dan kecemasan matematika tinggi. Hasil penelitian menunjukkan subjek yang memiliki kecemasan matematika rendah mampu memenuhi 3 indikator literasi numerasi, subjek yang memiliki kecemasan matematika sedang mampu memenuhi 2 dari 3 indikator literasi numerasi, dan subjek yang memiliki kecemasan matematika tinggi hanya mampu memenuhi 1 dari 3 indikator literasi numerasi. |