JudulAnalisis Penyelesaian Soal Hots Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Palu Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Adversity Quotient |
Nama: ANNISA AULIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara siswa kelas IX SMPN 6 Palu dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bangun datar ditinjau dari Adversity Quotient (AQ), yang terdiri atas tiga tipe: climber, camper, dan quitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tiga subjek yang dipilih berdasarkan kategori AQ. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara semi terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe climber memahami soal, mencatat informasi penting, berpikir logis, mandiri, serta teliti dalam perhitungan dan pemeriksaan jawaban. Ia juga mencari strategi alternatif saat menghadapi kesulitan. Subjek dengan tipe camper memahami soal, namun kurang konsisten dalam mencatat dan menyusun strategi. Saat mengalami kesulitan, ia cenderung mencari bantuan daripada berusaha sendiri. Ia memiliki potensi berpikir tingkat tinggi, namun masih kurang percaya diri dan belum mandiri. Sementara itu, subjek dengan tipe quitter tidak mencatat, kurang memiliki strategi penyelesaian, dan mudah menyerah saat mengalami kesulitan. Subjek ini belum menunjukkan sikap pantang menyerah dan membutuhkan bimbingan lebih lanjut dalam memahami soal dan membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kata kunci: Analisis, soal HOTS, bangun datar, Adversity Quotient ? |