JudulANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPN 1 BALAESANG TANJUNG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR |
Nama: MEGAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Megayanti, 2025. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMPN 1 Balaesang Tanjung Ditinjau Dari Kemandirian Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan P.MIPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Rizal, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Balaesang Tanjung dengan kemandirian belajar tinggi dan rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Balaesang Tanjung. Data yang dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek kemandirian belajar tinggi (KT) memiliki kemampuan koneksi matematika yang baik dalam mengkoneksikan matematika dengan bidang lain dan mengkoneksikan matematika dengan kehidupan sehari-hari, karena subjek KT menguasai konsep-konsep yang digunakan dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Sementara itu, subjek dengan kemandirian belajar rendah (KR) menunjukkan kesulitan dalam menyelesaikan soal. Hal ini terjadi karena subjek KR tidak menguasai konsep sistem persamaan linear dua variabel, sehingga tidak dapat mengkoneksikannya pada bidang lain dan kehidupan sehari. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Koneksi, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Kemandirian Belajar |