Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PENYELESAIAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DENGAN METODE PEMFAKTORAN BERDASARKAN METAKOGNISI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 PALU
Nama: APRILIDYA
Tahun: 2025
Abstrak
Rendahnya pemahaman siswa terhadap metode pemfaktoran pada persamaan kuadrat akibat lemahnya konsep perkalian, kurangnya minat, dan kesulitan dalam penyelesaian soal sehingga siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai penyelesaian soal siswa kelas IX SMP Negeri 6 Palu dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat dengan metode pemfaktoran berdasarkan metakognisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 6 Palu sebanyak 3 siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika siswa yang diambil berdasarkan dokumen guru yaitu nilai ujian semester dan diskusi dengan guru pengampu mata pelajaran matematika kelas IX. Data dikumpul melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematikai tinggi dan siswa berkemampuan matematika sedang mampu menggunakan metakognisi dengan baik pada semua indikator, yakni perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Sementara itu, siswa berkemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi indikator perencanaan, tetapi masih kesulitan dalam pemantauan dan evaluasi, sehingga belum sepenuhnya melibatkan metakognisinya dalam penyelesaian soal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up