Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X TKJ A SMK NEGERI 1 LABUAN PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Nama: FATHUDDIN
Tahun: 2025
Abstrak
Fathuddin, 2025. “ Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas X TKJ A SMK Negeri 1 Labuan Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Ditinjau Dari Jenis Kelamin” Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas X TKJ A SMK Negeri 1 Labuan Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini 2 orang siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi yang terdiri dari 1 siswa laki-laki berkemampuan tinggi dan 1 siswa perempuan yang berkemampuan tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1)Siswa laki-laki yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika, yakni (a) Tahap memahami masalah; subjek menyebutkan dan menuliskan informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan. (b) Tahap merencanakan pemecahan masalah; subjek membuat rencana dengan menentukan terlebih dahulu nilai ???? menggunakan rumus ???????? = ???? + (???? ? 1) ? ???? (c) Tahap melaksanakan pemecahan masalah; subjek melaksanakan pemecahan masalah sesuai dengan rencana sebelumnya dan mendapatkan hasil akhir yang benar.. (d) Tahap memeriksa kembali; subjek melakukan tahap memeriksa kembali jawaban dengan mengecek menggunakan rumus deret aritmatika ???????? = ???? 2 [???? + ????????] mendapatkan jawaban yang sama dengan sebelumnya. (2) Siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan semua tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika, yakni (a) Tahap memahami masalah; subjek menyebutkan dan menuliskan informasi-informasi dari masalah yang diberikan dengan benar. (b) Tahap merencakan pemecahan masalah; pada tahap ini subjek mencari terlebih dahulu nilai ???? dengan menggunakan rumus ???????? = ???? + (???? ? 1) ? ????. (c) Tahap melaksanakan; subjek melakukan rencana sesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya dan mendapatkan hasil akhir dengan benar. (d) Tahap memeriksa kembali; subjek memastikan proses perhitungan langkah perlangkah dari metode tersebut

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up