Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS FAKTOR PENYEBAB MATH ANXIETY PADA SISWA KELAS VIII SMP ALKHAIRAAT 1 PALU DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Nama: PUTRI DWI YANTI OKTAVIA
Tahun: 2025
Abstrak
Oktavia, 2025. “Analisis Faktor Penyebab Math Anxiety Pada Siswa Kelas VIII SMP Alkhairaat 1 Palu Ditinjau Dari Jenis Kelamin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Mubarik, S.Pd., M.Pd. Math Anxiety sering diartikan sebagai perasaan cemas yang muncul saat seseorang berinteraksi dengan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab math anxiety pada siswa SMP ditinjau dari jenis kelamin, dengan mengacu pada empat indikator, yaitu somatic, cognitive, affective, dan mathematical knowledge. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket math anxiety dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada teknik analisis data dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa math anxiety pada kedua subjek disebabkan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Pada siswa laki-laki, math anxiety dipicu oleh faktor eksternal seperti metode pengajaran guru yang keras, respons negatif terhadap kesalahan siswa, suasana kelas yang tidak kondusif, pengalaman dihukum, interaksi sosial di lingkungan belajar, serta tidak adanya tekanan atau dukungan dari keluarga untuk mencapai nilai tinggi. Sedangkan faktor internalnya meliputi pengalaman negatif yang menimbulkan trauma, persepsi negatif terhadap matematika, kurangnya rasa percaya diri, ketidaksukaan terhadap matematika, dan rendahnya motivasi belajar. Sementara itu, pada siswa perempuan math anxiety disebabkan oleh faktor eksternal berupa pengalaman negatif dengan guru yang galak dan tidak mendukung, kesulitan memahami materi akibat metode pembelajaran, pengalaman buruk seperti hukuman dan minimnya dukungan, tekanan sosial dari lingkungan sekitar, serta suasana kelas yang tidak mendukung proses belajar. Faktor internal yang memengaruhi antara lain rasa kurang percaya diri terhadap kemampuan matematikanya, ketakutan melakukan kesalahan, tekanan dari dalam diri karena takut dimarahi, dan kekhawatiran terhadap penilaian sosial orang lain. Kata Kunci : Math anxiety, faktor eksternal, faktor internal, jenis kelamin

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up