JudulPROFIL METAKOGNISI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM NUMERASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF |
Nama: ARWINI PUSPITA HERMIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Arwini Puspita Hermin, 2025. “Profil Metakognisi Siswa Kelas IX SMP Negeri 19 Palu dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Pathuddin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi metakognisi siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palu dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Metakognisi dalam penelitian ini mencakup tiga aspek utama, yaitu awareness (kesadaran), regulation (pengaturan), dan evaluation (evaluasi) yang muncul dalam setiap tahapan penyelesaian masalah menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes Matching Familiar Figures Test (MFFT-2021), tes tertulis AKM numerasi, think-aloud interviews, dan wawancara mendalam. Subjek studi mendalam terdiri dari dua siswa, masingmasing satu dengan gaya kognitif reflektif dan satu dengan gaya kognitif impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif melakukan semua aktivitas metakognitif yang menjadi indikator dari aspek kesadaran, pengaturan, dan evaluasi dalam proses berpikir di hampir setiap tahapan Polya, kecuali pada tahap memeriksa kembali hanya menunjukkan aspek evaluasi saja. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif melakukan semua aktivitas metakognitif yang menjadi indikator dari aspek kesadaran, pengaturan, dan evaluasi pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa dengan gaya kognitif impulsif tidak sepenuhnya menunjukkan aspek evaluasi, dan pada tahap memeriksa kembali siswa hanya menunjukkan aspek evaluasi saja. |