Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP ALKHAIRAAT BOU
Nama: FADILAH
Tahun: 2025
Abstrak
Fadilah,2025. “Analisis kemampuan penalaran matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Alkhairaat Bou.” Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ibnu Hadjar. Relasi dan fungsi adalah salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian siswa dan memerlukan kemampuan penalaran yang baik, tidak semua siswa mampu menyelesaikan masalah secara baik dan benar. Siswa kesulitan pada tahap mengevaluasi, ini disebabkan karena penalaran yang kurang kemudian kegiatan tanya jawab banyak siswa yang tidak aktif mengikuti pelajaran sehingga pelajaran hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Alkhairaat Bou. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Alkhairaat Bou yang masing-masing terdiri atas 1 orang siswa yang kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) Siswa dengan kemampuan penalaran tinggi mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan yang tepat serta melakukan manipulasi matematika dengan akurat. Selain itu, siswa dapat memeriksa kebenaran argumen yang dibuat. Kemampuan dalam mengamati pola membuat generalisasi dari hasil yang diperoleh juga sangat baik, yang menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap konsep yang diajarkan. 2) Siswa dengan kemampuan penalaran sedang mampu memahami informasi yang diberikan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, tetapi terkadang kurang ketelitian dan kecepatan. Siswa masih dapat menarik kesimpulan awal dan memberikan alasan terhadap solusi yang dihasilkan, meskipun alasan tersebut belum sepenuhnya tepat. 3) siswa dengan kemampuan penalaran rendah mengalami kesulitan mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika serta menyusun bukti dan memberi alasan terhadap kebenaran solusi. Siswa hanya mampu mengerjakan sebagian soal dan belum mampu menarik kesimpulan yang tepat berdasarkan konsep yang dipelajari. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih mendukung untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: analisis, kemampuan, penalaran, relasi, fungsi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up